Kamis, 27 Desember 2018

RESENSI BUKU "PENGANTAR MANAJEMEN"


I.                  IDENTITAS BUKU
Judul Buku    : Pengantar Manajemen
Penulis           : Priyono
Penerbit        : Zifatama Publisher
Kota Terbit   : Sidoarjo
Tahun Terbit  : 2007
Tebal Buku    : 140 Halaman
Editor            : Teddy Chandra

II.               Sinopsis
v  BAB I Sejarah dan Teori Manajemen
Seperti judul yang tertera pada bab ini menjelaskan tentang sejarah perkembangan manajemen dan menjelaskan tentang  evolusi teori manajemen secara umum dan menurut para ahli serta menjelaskan teori manajemen klasik, tak hanya itu dalam bab ini juga menjelaskan tentang beberapa pendekatan-pendekatan yang ada di dalam suatu manajemen yaitu pendekat hubungan manusiawi, pendekatan system manajemen dan menjelaskan tentang pendekatan kontingens.

v  BAB II Kerangka Kerja Manajemen Sumber Daya Manusia
Pada bab ini tentunya akan membahas kerangka kerja MSDM tetapi terlebih dahulu menjelaskan tentang sejarah lahirnya MSDM kemudian membahas pengertian dari MSDM, setelah membahas dua materi tersebut kemudian menjelaskan tujuan dan fungsi MSDM, kebijakan MSDM, Kegiatan MSDM serta membahas basis teori MSDM. 

v  BAB III Organisasi
Dalam bab ini tentunya akan membahas apa itu organisasi kemudian akan membahas tentang teori-teori yang akan dikembangkan dalam berorganisasi.

v  BAB IV Kepemimpinan
Dalam bab ini akan menjelaskan pengertian kepemimpinan menurut beberapa ahli dan secara umum, dalam bab kepemimpinan juga dijelaskan tentang bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang baik dan pentingnya keberadaan seorang pemimpin di suatu organisasi.

v  BAB V Manajemen Strategik
Pada bab ini akan menjelaskan tentang hirarki manajemen strategik, proses menjalankan manajemen strategik, bagaimana cara menjalankan hubungan misi dan tujuan, cara menentukan tujuan organisasi, fakor-faktor apa saja yang mempengaruhi perumusan tujuan, mengenal jenis-jenis tujuan organisasi, dan menjelaskan tentang manajemen obyektives (MBO).

v  BAB VI Motivasi
Pada bab ini akan membahas pengertian motivasi, teori-teori yang terkandung dalam motivasi, apa saja jenis dan bentuk motivasi, lalu menjelaskan tentang hubungan desain pekerjaan dengan motivasi, hubungan motivasi dengan upah, kemudian membahas tentang sistem balas jasa yang efektif untuk motivasi pekerja, serta menjelaskan tentang insentif dalam memotivasi pekerja.

III.           ULASAN
Kelebihan :
  • Dalam buku ini mengajarkan bagaimana menjalan suatu manajemen dengan baik dan benar.
  • Materi-materi yang terkandung didalamnya di jabarkan secara lengkap setiap unsur yang terkandung didalamnya pun juga di sebutkan dan dijelaskan satu persatu.
  • Dalam buku ini juga tak hanya memberikan penjelasan materi, tetapi juga memberikan pertanyaan diskusi yang berguna untuk berlatih.
  • Cover buku terlihat simple dan penyusunan materi didalamnya juga tersusun secara runtut dan bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami.
  • Ukuran bukunya juga tidak terlalu besar sehingga praktis dibawa kemana pun.

Kekurangan :
  • Tidak tertera harga buku dan dimana kita bisa membeli buku ini.
  • Ada beberapa penulisan kata yang salah.

IV.           KESIMPULAN
Setelah saya membaca dan meresensi buku ini, buku ini sangatlah menarik, terutama bagi yang ingin mempelajari tentang manajemen, buku ini menuntun kita bagaimana cara menjalankan suatu manajemen yang baik dan benar tak hanya itu buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. Materi yang diberikan pun sangat runtut dan bahasa yang digunakan pun sangat mudah dipahami sehingga memudahkan para pembaca untuk memahami isi buku ini, serta dengan ukuran buku yang mudah dibawa kemanapun akan memudahkan pembaca untuk membawanya kemana pun.

6 komentar:

MAKALAH "PENGARUH OJEK ONLINE TERHADAP TRANSPORTASI MASYARAKAT DKI JAKARTA"

MAKALAH PENGARUH OJEK ONLINE TERHADAP TRANSPORTASI MASYARAKAT DKI JAKARTA DI SUSUN OLEH : DINDA NOVIANI 18652050 ...